Profile USSI

Berdiri sejak tahuKantor USSI Bandungn 1994, USSI telah berkembang dari sebuah unit usaha (Unit Sistem Informasi) sebuah koperasi audit menjadi sebuah perusahaan profesional ber‑skala nasional. Didukung oleh 30 orang personil di kantor pusat yang berlokasi di kota ‘teknologi’ Bandung, USSI bersama‑sama dengan jaringan Authorized Reseller di seluruh Indonesia ber‑komitmen untuk memberikan produk dan layanan Teknologi Informasi terbaik untuk lembaga keuangan mikro, tidak hanya di Indonesia tapi dunia. USSI menawarkan Competitive Advantage berupa: Pengalaman, Kompetensi (Spesialisasi), Purna Jual dan Kualitas Produk.


Pengalaman

Dengan total penjualan dan implementasi di lebih dari 1.500 Lembaga Keuangan an Perbankan Mikro di seluruh Indonesia, menjadikan USSI sebagai satu‑satunya provider sistem informasi yang paling berpengalaman dan paling memahami berbagai seluk beluk permasalahan implementasi sistem informasi di lembaga keuangan mikro. Tingginya jumlah penjualan dan luasnya cakupan distribusi produk USSI, menempatkan USSI sebagai market leader dari produk aplikasi sistem informasi lembaga keuangan mikro di Indonesia. Produk USSI tersebar mulai dari Aceh, Medan, Padang, Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Kalimantan, Maluku…

Kompetensi dan Komitmen

Dengan di‑luncurkannya software Integrated microBanking System versi 2006 yang merupakan produk seri ke‑4 dari jajaran produk software lembaga keuangan mikro yang telah dikeluarkan oleh USSI; semakin mengukuhkan positioning USSI sebagai satu‑satunya provider sistem informasi yang paling ber‑spesialisasi dan ber‑komitmen dalam pengembangan produk‑produk sistem informasi untuk menunjang lembaga keuangan mikro. Dalarn 4 tahun, USSI sudah meluncurkan 3 (tiga) seri produk sejenis. Seri terbaru selalu merupakan penyempurnaan dari seri‑seri sebelumnya. Ini adalah bukti komitmen ‘CONTINUAL IMPROVEMENT’.

Purna Jual

Melalui pembentukan jaringan pelayanan di 20 kota besar di seluruh Indonesia, USSI terus‑menerus berusaha memperluas jaringan pelayanan puma jual. Perluasan jaringan selalu diimbangi dan dibarengi dengan penguatan kapasitas SDM, sehingga terbentuk jaringan yang bukan hanya kuat secara kuantitas tapi juga berkualitas. Upaya peningkatan kualitas pelayanan juga dilakukan melalui penyempurnaan produk sehingga menjadi semakin mudah dalam pelacakan kerusakan / kesalahan (troubleshooting), backup system dan pemulihan sistem (system crash recovery). USSI bahkan melangkah lebih j auh melalui versi‑nya yang terakhir, dengan mengembangkan framework yang sangat canggih yang memungkinkan user untuk melakukan penambahan‑penambahan fitur sistem secara mandiri (tidak lagi tergantung pada teknisi USSI).

Produk Kelas Dunia (World Class Product)

Melalui kegiatan riset dan pengembangan yang terus‑menerus, USSI berusaha memberikan produk‑produk berkelas dunia (world class product). Berbagai metode dan teknik pengembangan software secara konsisten diterapkan: Object Oriented Programming, Iterative Process, Extreme Programming, Agile Process, Unified Process, UML (Unified Modelling Language), SQL Database System, Client‑Server Architecture, Three‑Tier Architecture, Component‑Based System Development.

Dalam pameran Teknologi Perbankan Asia Pasific Mei 2005, produk USSI mendapat penghargaan sebagai produk IT BPR terbaik tingkat Jabotabek.

Integrated

Merupakan sistem yang ter‑integrasi dari modul‑modul aplikasi corebanking: Teller / Kasir, Back Office Tabungan / Simpanan, Back Office Kredit / Pembiayaan, Back Office Deposito / Simpanan Berjangka, Pernbukuan / Akuntansi. Pencatan transaksi di modul teller/kasir secara otomatis meng‑update seluruh modul‑modul terkait. Neraca, Laba Rugi, Laporan Nominatif, Rekapitulasi dan lain sebagainya akan secara serentak ter‑udpate.

GUI (Graphical User Interface) : Windows

Antarmuka (interface) untuk user berupa grafis berbasis microsoft windows. Merupakan standar antarmuka untuk sistem‑sistem modern / mutakhir. Sistem operasi yang digunakan: Microsoft Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP.

SQL Technology

Penyimpanan dan pengolahan data sepenuhnya menggunakan teknologi SQL, (Structured Query Language), yang mempunyai kelebihan dalam KECEPATAN dan KAPASITAS penyimpanan yang jauh lebih tinggi dibanding desktop‑database (file‑based) seperti foxpro, clipper, dbase atau access. Teknologi SQL merupakan standar penyimpanan dan pengolahan database untuk aplikasi‑aplikasi modem.

MySQL: Open Source Database Server

Untuk menekan biaya, IBS menggunakan software database server MySQL yang merupakan software SQL dengan paradigma pengembangan Open Source dan merupakan software SQL open source paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Terkenal karena KECEPATAN dan MURAH (bahkan gratis). Penggunaan SQL Server yang dikembangkan secara Open Source merupakan solusi yang tepat bahkan PALING TEPAT khususnya untuk lembaga‑lembaga keuangan mikro, mengingat biaya investasi yang terbatas. LKM dapat dengan tenang memanfaatkan sistem secara maksimal tanpa dibebani oleh masalah HAKI (Hak Cipta Intelektual).

Client‑Server Architecture

Arsitektur aplikasi mengacu pada standar arsitektur client‑server, dimana penyimpanan, pengolahan dan perhitungan data dipisahkan dari proses data‑entry dan penampilan laporan, sehingga beban komputer‑komputer workstation / client menjadi lebih ringan. Arsitektur Client‑Server juga memungkinkan transaksi dilakukan secara remote (online) dengan infrastruktur kornunikasi data yang tidak terlalu mahal.

Rapid Deployment (Implementasi Cepat!)

Didukung oleh desain sistem yang tepat dan sumber daya implementator yang sangat berpengalaman dan terlatih, IBS dapat dengan cepat di‑implementasikan di lembaga‑lembaga keuangan mikro. Hanya dalam hitungan hari (2‑3 hari), LKM sudah dapat memanfaatkan sistem IBS.

Parameter Controlled

Fitur‑fitur yang spesifik LKM, misalnya nama lembaga, alamat lembaga, nama dan jabatan pimpinan, jumlah dan jenis produk tabungan, kredit; metode perhitungan bunga / bagi hasil, metode perhitungan kolektibiltas, daftar perkiraan, relasi antara produk dgn account di pembukuan, format cetakan buku tabungan, format Surat Perjanjian Kredit, dan lain sebagainya; semuanya di‑kendalikan dan di‑kontrol melalui parameter. Sehingga ketergantungan terhadap vendor (USSI) menjadi sangat berkurang, karena perubahan‑perubahan dapat dilakukan sendiri oleh user (admin).

Best Practice

Sampai saat ini, USSI sudah me‑launching 4 seri produk (yang terakhir Maret 2006). Setiap seri bisa terdiri dari beberapa versioning. Setiap seri yang lebih baru, selalu merupakan perbaikan dan penyempumaan dari seri sebelumnya. Karena berpengalaman menangani RATUSAN lembaga keuangan mikro, produk‑produk aplikasi lembaga keuangan mikro USSI merupakan kompilasi dari berbagai business process lembaga‑lembaga keuangan mikro di seluruh Indonesia. Dengan demikian, sistem sudah mencakup berbagai varian business process (SOP) lembaga‑lembaga keuangan mikro.

Report Engine

Aplikasi MFS sudah secara integrated menyertakan fasilitas untuk membuat atau mengubah format‑format laporan. Adanya fasilitas ini memungkinkan user / admin pengguna software MFS untuk menambah sendiri laporan‑laporan atau mengubah yang sudah ada, sehingga, lagi‑lagi, mengurangi ketergantungan kepada vendor (USSI). Berbeda dengan aplikasi‑aplikasi produk vendor lain, Report Engine dari MFS produk USSI merupakan modul yang sudah ter‑integrasi, tidak menggunakan aplikasi lain semacam Crystal Report (yang harganya sangat mahal). Dengan demikian, tidak lagi diperlukan biaya tambahan juga tidak membebani kornputer yang digunakan. Report tambahan secara otomatis menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari aplikasi MFS yang sudah terpasang. Tidak diperlukan lagi update file executable!!

Script Engine

Script Engine merupakan terobosan yang luar biasa dan merupakan fitur yang belum pernah ditemukan, paling tidak pada aplikasi‑aplikasi sejenis. Dengan adanya script engine, sernua rumus‑rumus, kode‑kode perhitungan, kode‑kode proses (perhitungan bagi hasil, perhitungan bunga, proses overbooking, perhitunganjadual angsuran, dIsb) menjadi sangat transparan, karena semuanya dapat di‑tampilkan dalam bentuk bahasa aslinya (pascal, C atau basic), sehingga dapat dengan mudah di‑AUDIT, di‑KOREKSI, di‑UBAH, disesuaikan dengan kebijakan LKM yang bersangkutan. User/Admin juga dapat dengan mudah menambah proses‑proses / perhitungan‑perhitungan tarnbahan yang kemudian secara otomatis menjadi bagian dari aplikasi MFS yang sudah terpasang (menu secara otomatis di‑buatkan oleh sistem). Tidak diperlukan lagi update file executable!!

Skin Engine

Dengan Skin Engine anda dapat:

  1. Men‑desain dan membuat sendiri struktur menu aplikasi, disesuaikan dengan SOP (Standard Operating Procedure). Anda dapat dengan mudah membuat pengelompokkan menu‑menu aplikasi dan mendelegasikan menu‑menu tersebut ke setiap user.
  2. Men‑desain dan membuat sendiri struktur sekuriti / wewenang pengoperasian aplikasi. Anda bisa mengelompokkan user‑user dan memberi wewenang dari masing‑masing user sesuai dengan SOP yang berlaku. Wewenang diberikan ke user sampai ke tingkat menu. Menu yang muncul di aplikasi hanyalah menu‑menu yang sebelumnya sudah diberikan oleh Admin.
  3. Setting tampilan aplikasi / desktop (gambar background, bentuk menu / style) untuk masing‑masing user. Setiap user dapat memilih sendiri tampilan desktopnya sesuai dengan seleranya. Saat ini tersedia 12 bentuk / style menu yang dapat dipilih. Jumlah style ini akan terusmenerus ditambah tanpa batas, mengingat selera user yang juga tidak ada batasnya.
  4. Mengubah sernua label, prompt dan deskripsi menu sampai 4 pilihan. Dengan demikian, ketika tidak ada keseuaian per‑istilahan, anda dapat mengubah sendiri per‑istilahan, tanpa harus tergantung pada vendor (USS1).
  5. Fasilitas point (4) tersebut di atas, dapat juga digunakan untuk setting aplikasi sehingga menjadi MULTILINGUAL (saat ini sampai maksimum 4 bahasa). Dengan demikian, anda dapat membuat variasi, misalnya: hari pertama aplikasi berbahasa Indonesia, hari kedua berbahasa Inggris, hari ketiga berbahasa Sunda, hari keempat berbahasa Jawa.

OnLine Reporting Engine

Engine ini memungkinkan SEMUA laporan (atau sesuai setting admin) untuk di‑kirim‑kan secara online ke data center berbasis teknologi Web Service, FTP atau POP. Fitur ini sangat berguna terutama monitoring lembaga‑lembaga keuangan mikro, karena pelaporan dapat dilakukan secara online melalui saluran komunikasi data, baik dial‑up RAS (Remote Access Server) maupun jaringan internet. Pelaporan dapat dilakukan setiap saat, sehingga evaluasi dapat dilakukan secara cepat.

Other Engine

Engine‑Engine lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah:

  • Backup & Restore Engine. Sistem dapat melakukan backup dan restore langsung ke media CD ROM, tanpa diperlukan software tambahan (Nero, misalnya).
  • Assistance Engine. Sistem. HELP sistem yang mirip Office Assistance‑nya Microsoft Office. Content HELP dapat dibuat sendiri oleh user / admin.
  • Patching System Engine. Fasilitas untuk meng‑akomodasi adanya perubahan‑perubahan (update) sistem, baik database, script maupun report.
  • SMS Engine. Dapat digunakan misaInya untuk fasilitas SMS Banking.

EDC For Collection

Adalah Electronic Data Capture, sebuah alat yang biasa digunakan di merchand-merchand  dimana kebanyakan orang berbelanja dan membayar menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Sebuah terobosan baru kami menciptakan system yang bisa memfasilitasi lembaga keuangan dalam meng-kolek dana nasabah baik setoran tabungan maupun angsuran pinjaman secara mobile online / realtime dengan memanfaatkan alat ini.

Mekanisme kerjanya adalah EDC dibawa oleh petugas lapangan (kolektor / AO/ ..?) menjemput transaksi dimana nasabah berada sehingga pelayanan menjadi lebih cepat, akurat, dan terkontrol karena nasabah akan mendapatkan slip (print-out dari mesin EDC) atas transaksi yang dilakukan sehingga ini sekaligus sebagai verifikasi untuk memastikan transaksi telah dilakukan dengan benar.

Pihak kantor lembaga keuangan bisa melakukan kontrol atas kinerja petugas lapangan karena setiap transaksi yang terjadi dilapangan akan secara real time mengupdate data diserver kantor. Detail penjelasan tentan EDC berikut model kerjasamanya silakan download dokumennya dengan Klik Disini

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s