Product Presentation

IBS REALTIME

Adalah software / aplikasi core banking OnLine Realtime untuk BPR, BMT, KSP, KJKS, LKM, dll. yang merupakan pengembangan dari aplikasi IBS Core dimana seluruh fitur yang sama ada didalam IBS Core telah dilengkapi dengan fitur-fitur dan segala sesuatu yang terkait online realtime sbb :

  • Database terpusat (centralized database) : data seluruh kantor baik cabang maupun kas tersimpan dalam satu database di server data center yang berada di kantor pusat lembaga keuangan dan perbankan.
  • Seluruh kantor baik cabang maupun kas mengakses data secara online ke server data center di kantor pusat
  • Sesuai aturan dan ketentuan Bank Indonesia, Single CIF, SAK ETAP 2010, KYC , APU, dll
  • Online antar kantor : memudahkan nasabah untuk bisa bertransaksi diseluruh kantor jaringan lembaga keuangan dan perbankan secara online realtime
  • Switching Core standar ISO 8583 : telah siap untuk interkoneksi baik antar kantor lembaga dalam satu group, satu komunitas, maupun co-branding dengan bank umum penyelenggara ATM Bersama, Link, Alto, Prima, Dll.
  • Jaringan / koneksi Fleksibel : bisa menggunakan Radio / wireless, Speedy, ADSL, VPN IP, VSAT, dll yang tersedia.

IBS MOBILE

IBS Mobile hadir sebagai produk terbaru kami yang pasti sangat ditunggu dan dibutuhkan setelah penerapan aplikasi core banking dirasa mampu menangani seluruh kegiatan operasional core bisnis lembaga keuangan dan perbankan mikro .

Dengan penggunaan IBS Mobile ini lembaga keuangan dan perbankan mikro dengan mudah dapat merealisasikan :

  1. Layanan Prima untuk memberikan kemudahan dan kepuasan kepada nasabah
  2. Efektivitas dan Efisiensi kinerja perusahaan
  3. Kontrol / Pengawasan yang mudah oleh eksekutif kapanpun dan dari manapun bisa dilakukan.
  4. Akses lebih Luas untuk menang dalam persaingan antar lembaga keuangan pada tingkat pelayanan nasabah
  5. Keuntungan Finansial berupa fee based income dari berbagai layanan yang diimplementasikan
  6. Peningkatan Performa lembaga karena dengan penggunaan IT yang canggih akan menjadi nilai lebih dimata nasabah dan masyarakat pada umumnya.

Ada 4 Produk IBS Mobile yang telah siap diimplementasikan di lembaga keuangan dan perbankan mikro, produk ini telah terintegrasi dengan aplikasi IBS Core dan IBS Realtime.

  • VIP IBS Mobile Collection : aplikasi berbasis android, khusus untuk petugas lapangan (A/O, Kolektor, dll) yang terkait pelayanan nasabah di lapangan (mobile), Transaksi yang dapat dilakukan : setoran/penarikan tabungan, angsuran kredit, juga selain itu petugas dapat melayani pembayaran dan pembelian (listrik pra dan pasca bayar, telkom, pdam, pajak, pulsa, dll). Infrastruktur yang dibutuhkan adalah smartphone atau pc tablet + mobile printer yang berukuran kecil dan ringan.

  • IBS Mobile KiosK : aplikasi berbasis android ini merupakan gerai kas yang bisa dibuka dimanapun untuk memperluas cakupan pelayanan nasabah. Dengan aplikasi ini LKM / Perbankan bisa membuka banyak gerai kas dengan mudah karena tak  perlu perijinan yang rumit, sewa ruangan mahal, bahkan infrastruktur yang diperlukan hanya sebuah pc tablet + bluetooth keyboard + mobile printer yang berukuran kecil dan ringan.

  • IBS Mobile Executive : aplikasi berbasis web, khusus bagi para eksekutif (manajer, direksi, komisaris) agar bisa memantau dan melakukan kontrol terhadap kinerja perusahaan melalui bermacam laporan yang bisa diakses secara online realtime kapanpun dan dimanapun, infrastruktur yang diperlukan : sebuah pc tablet 7 atau 10”

  • VIP Mobile : aplikasi mobile multi platform (android, blackberry, java, symbian, dll), yang merupakan layanan multi payment : pembayaran (PLN TELKOM, PDAM, hp, tv kabel, tiket pesawat, dll), pembelian (topup pulsa, dll), transfer, dll. Infrastruktur yang dibutuhkan adalah smartphone, tablet atau bahkan menggunakan HP jadul berbasis SMS. Layanan ini berbasis account, jadi siapapun yang akan menggunakan layanan ini harus menjadi nasabah pada lembaga keuangan dan perbankan mikro dan akan mendapatkan VIP ID yang bisa digunakan untuk bertransaksi mobile kapanpun dan dimanapun.Bagi lembaga keuangan dan perbankan tidak perlu ada proses deposit karena penyelenggaranya adalah lembaga keuangan dan perbankan mikro sendiri, jadi semua nasabah pengguna layanan ini secara prinsip akan bertransaksi menggunakan account tabungan mereka sendiri.

IBS MOBILE COLLECTION

Didesain untuk petugas lapangan (A/O, Kolektor) atau apapun istilah lainnya terkait pelayanan nasabah di lapangan (mobile). Beberapa manfaat nyata yang bisa diperoleh oleh lembaga keuangan dan perbankan atas penggunaan aplikasi ini adalah :

  • Lebih Aman, karena setiap data transaksi dapat diverifikasi langsung oleh nasabah melalui slip yang tercetak (mengurangi fraud / penyalahgunaan oleh OKNUM petugas lapangan).
  • Meminimalkan Human Error, karena dtidak ada tulis menulis tangan atas transaksi yang terjadi antara petugas lapangan (Kolektor / AO) dengan nasabah,
  • Memudahka Monitoring, setiap transaksi uoleh petugas lapangan dapat dimonitor setiap saat secara online realtime dari kantor sehingga bisa diketahui aktifitas setiap petugas trmasuk produktifitasnya.
  • Waktu Kerja Lebih Lama, karena petugas lapangan bisa berkonsentrasi tanpa perlu melakukan input ulang transaksi secara manual kedalam sistem di kantor.
  • Efisiensi, karena waktu lebih lama di lapangan maka secara otomatis transaksi oleh Kolektor / AO bisa lebih banyak, coverage lebih luas, biaya pada tiap transaksi yang terjadi juga lebih murah.
  • Mengurangi Kesibukan Teller, karena transaksi Setoran maupun angsuran nasabah yang sudah dikirim melalui IBS Mobile Collection tidak perlu di transaksikan ulang oleh petugas teler ke aplikasi IBS Core

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s